Tuesday, March 22, 2016

Workshop Jurnalistik Clapeyron


Workshop Jurnalistik Clapeyron, Fakultas Teknik UGM
Ratna Juwita

         Pada tanggal 19 Maret 2016, Clapeyron (Jurnalistik Fakultas Teknik UGM) mengadakan workshop jurnalistik di Gedung Pusat Fakultas Teknik UGM, dalam rangka acara Claproyex (Clapeyron Proyek dan Expo). Claproyex dibuka untuk umum dan turut mengundang Pers Mahasiswa dari luar Yogyakarta. Pembicara yang diundang pada saat itu adalah Mbak Sekar Langit Nariswari, wartawan Harian Jogja yang juga merupakan lulusan Sastra Inggris UGM. Dan Mas Desi Suryanto, pewarta foto Harian Jogja.

         Acara dilaksanakan selama tiga hari, yaitu 18,19,20 Maret 2016. Selain workshop, talkshow, dan pameran, acara ini juga bertujuan untuk launching majalah Clapeyron edisi 61. Namun, saya hanya mengikuti workshop jurnalistiknya saja yang selain gratis, juga menyediakan sertifikat bagi peserta yang berjumlah sekitar 100 sampai 150 orang. Sayangnya, pada hari H yang datang hanya sekitar 50 orang saja.

         Acara dibuka pada jam sembilan oleh paduan suara Fakultas Teknik yang bernyanyi dengan sangat apik serta sambutan dari ketua Clapeyron. Workshop terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dibuka oleh Mbak Sekar yang menjelaskan mengenai dunia wartawan dengan sangat baik. Mbak Sekar juga menjelaskan proses penulisan berita yang baik, teknik menulis berita, tahap-tahap wawancara, dsb. Usai presentasi dan tanya jawab dengan peserta workshop, sesi pertama ditutup oleh pemberian piagam dan bingkisan kepada Mbak Sekar selaku pembicara.

         Workshop dilanjutkan ke sesi dua oleh Mas Desi Suryanto. Sedikit berbeda dengan Mbak Sekar, Mas Desi melakukan presentasi dengan diselingi guyonan yang cukup menghibur. Mas Desi menjelaskan dunia fotografi sebagai wartawan, seperti caption foto, cara mencari berita, membangun koneksi dengan berkenalan dan menyimpan nomor telepon orang-orang agar mudah mengakses informasi. Mas Desi juga menjelaskan bahwa tidak semua foto, halal dalam dunia jurnalistik, ada kode etik yang harus dipatuhi oleh setiap pewarta foto.

         Setelah berjalan kurang lebih dua jam, acara ditutup sekitar jam sebelas dengan membagikan majalan Clapeyron edisi 61 kepada Perwakilan Pers Mahasiswa yang hadir.

0 Creat Your Opinion:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Instagram Wattpad Quora RSS Feed Email Pinterest

My Profile

My photo
Books' better half who's been taking small steps each day towards her dreams. She's very interested in reading literacy, education, language, culture, and philosophy. You can find her on Twitter @psybooklogy and Instagram @ra.juwita

初めまして

日本語日本文学生のラトナ・ジュウィタです、どうぞよろしくお願いします! このブロクを気に入っていただけたら嬉しいです。

Recent Post

[Traveling] Keindahan Alami Pantai Soryar, Biak, Papua

Total Pageviews

Blinking Cute Box Panda
Powered by Blogger.

Copyright © Ratna Juwita | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com