Thursday, October 31, 2019

[Traveling] Serasa Putri Duyung di Air Terjun Kembang Soka yang Sangat Jernih



Ratna Juwita

Hai Readers, wisata alam apa sih yang paling kamu gemari? Kalau dari survei kecil-kecilan yang pernah aku buat di Instagram nih ya, kebanyakan suka sekali ke pantai. Mungkin memang bawaan kita dari kecil suka main air kali, ya? Yang penting jangan main hati aja *eh


Biar bisa main air, ada opsi tempat wisata lain nih selain pantai, yaitu air terjun. Kalau aku sih lebih suka wisata alam air terjun saat butuh hengkang sebentar saja dari kesibukan sehari-hari. Kenapa? Karena perjalanan ke tempat wisata air terjun tuh selalu memukau mata. Aku suka sekali lihat yang seger-seger kayak doi (waduh), eh maksudku kayak pepohonan yang ijo-ijo, terus bisa lihat landscape kota dari ketinggian gitu.


Nah, kalau kamu pengin sebentar saja menenangkan diri, kamu bisa pergi ke Air Terjun Kembang Soka yang masih asri banget!


Perjalanan ke sana sama sekali engga membosankan karena di kanan kiri terbentang sawah dan gunung, bener-bener keren! Eh, di mana sih Air Terjun Kembang Soka itu? Air terjun ini terletak di daerah Kulon Progo, Yogyakarta. Perjalanan dari pusat kota Yogyakarta ke objek wisata ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam menggunakan motor.


Alasan lain aku lebih suka wisata alam ketimbang tempat bermain itu karena harga tiket masuknya yang relative sangat murah! Pas banget buat kantong pelajar atau mahasiswa yang mau beli nasi ayam aja masih harus mikir-mikir dulu. Haha. Tiket masuknya Rp10.000,- aja, Gaes. Itu sudah termasuk uang untuk parkir motornya. Murah kan?


kolam air terjun kedua


Dengan uang sepuluh ribu bisa main air dan bersenang-senang dengan teman-teman tuh asyik banget! Gak bikin kantong kering deh pokoknya!


Pemandangannya? Jangan diragukan lagi, dijamin keren! Begitu sampai di tempat parkir, kita tinggal jalan menuruni sedikit anak-anak tangga, kira-kira seratus meter. Di kanan kiri ada berbagai macam pohon, mulai dari pohon coklat sampai bunga-bunga yang aku engga tahu namanya. Hehe. Bunga Soka kali ya?


Terus ada jembatan kayunya juga. Pas banget buat kamu yang suka foto-foto dan mencari konten untuk update status setiap hari.


Yang membedakan objek wisata air terjun ini dengan air terjun yang lain tuh karena di sini terdapat tiga air terjun kecil dengan air yang masih bening banget. Kerasa banget alaminya. Bisa bayangin mungkin dulu tempat kayak gini biasa dijadiin tempat pemandian untuk para putri raja kali ya. Haha.


Buat kamu yang engga bisa renang, tenang saja. Ada tiga macam air terjun dengan kedalaman air yang berbeda-beda. Air terjun yang pertama memiliki kedalaman sekitar satu setengah meter saja. Jadi kamu bisa berendam tuh di situ. Jernih banget airnya jadi kamu tidak perlu takut di bawah ada hewan apa yang melintas. Aku pribadi paling suka sama kolam air terjun yang pertama ini karena kejernihan air dan sedap banget dipandang mata. Serasa jadi putri duyung di lautan yang airnya jernih wkwk


Air terjun kedua, sedikit di bawah yang pertama. Ini air terjun yang paling dangkal di antara ketiga air terjun yang ada di sini. Karena aku dan teman-temanku engga bisa berenang, kami lebih memilih bermain air di sini. Kedalamannya hanya sekitar satu meter dengan tepian yang lebih dangkal lagi. Jadi, kalau pun mau celup-celupin kaki ke air doang juga bisa banget. Terus di sini juga ada penyewaan ban! Asyik banget kan?


masih di kolam air terjun kedua wkwk


Air terjun ketiga, terletak sekitar sepuluh meter di bawah kedua air terjun kedua. Yang terakhir ini dalam banget, Gaes. Jadi, kamu yang bisa berenang bisa memilih untuk nyebur ke kolam yang ini. Kedalaman airnya sekitar dua setengah meter. Lumayan kan? Aku pribadi sih engga berani nyebur, masih ingat bapak ibu di rumah *ceilah. 


*Sayangnya buat kolam air terjun ketiga ini aku engga ada fotonya Gaes. Yah waktu itu belum kepikiran buat nulis wisata alam ini di blog sih :(*


Meskipun begitu, kita masih bisa duduk-duduk di pinggiran kolam air terjunnya sembari merendam kaki atau buat yang suka kecebong juga bisa berburu di dasar kolam. Hihi. Eits, walaupun banyak kecebong, tapi selama di sana aku engga nemu kodok sama sekali kok. Jadi gaperlu takut, ya!


Oya, satu hal lagi yang paling penting. Kamu engga perlu takut kelaparan dan kehausan sesampainya di sini, atau setelah sibuk bermain air. Ada dua warung yang sangat dekat dengan kolam air terjun kok! Engga sampai lima meter! Satu warung ada di kolam air terjun pertama, yang satunya lagi di dekat kolam air terjun kedua. Gimana? Engga perlu ragu lagi kan buat menikmati wisata air dengan pemandangan nyegerin mata di Air Terjun Kembang Soka?


Meski airnya engga sederas air terjun besar, tapi untuk kalian yang mencari ketenangan dan menghindari pengunjung yang terlalu ramai, Air Terjun Kembang Soka ini bisa jadi solusi Pelepas stress yang pas banget buat kalian! Selain harganya yang murah, airnya juga engga kaleng-kaleng! Asli segerrrrrrr!

0 Creat Your Opinion:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Instagram Wattpad Quora RSS Feed Email Pinterest

My Profile

My photo
Books' better half who's been taking small steps each day towards her dreams. She's very interested in reading literacy, education, language, culture, and philosophy. You can find her on Twitter @psybooklogy and Instagram @ra.juwita

初めまして

日本語日本文学生のラトナ・ジュウィタです、どうぞよろしくお願いします! このブロクを気に入っていただけたら嬉しいです。

Recent Post

[Traveling] Keindahan Alami Pantai Soryar, Biak, Papua

Total Pageviews

Blinking Cute Box Panda
Powered by Blogger.

Copyright © Ratna Juwita | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com