Sunday, March 28, 2021

[Traveling] Keindahan Alami Pantai Soryar, Biak, Papua

Pantai Soryar

Disclaimer: semua foto yang aku cantumkan di sini adalah hasil jepretanku sendiri


Halo, Guys!

Sesuai janji di post review-ku sebelumnya tentang rekomendasi salon di daerah Biak, kali ini aku mau review salah satu pantai yang kukunjungi di Biak yaitu Pantai Soryar!

Maaf sebelumnya karena setelah kutelusuri di internet, aku belum bisa menemukan sejarah ataupun asal-usul dari nama "Soryar", tapi sepertinya nama itu berasal dari bahasa Papua.

Aku masih ingat ketika masih berada di dalam mobil yang membawaku ke pantai ini, bahkan sebelum benar-benar sampai, aku sudah takjub dengan pemandangan yang terpampang di depan mata. Indah banget! Aku memang bukan tipe petualang ketika masih berada di Jawa dan kalau boleh memilih, aku lebih suka pergi ke daerah pegunungan yang sejuk dibandingkan ke pantai yang pastinya bisa membuat kulit menghitam hehe.

Namun ketika masih berada di Jogja untuk kuliah, bisa dikatakan aku cukup sering bepergian ke pantai karena ada banyak pantai di sana. Masalahnya hanya pada jaraknya saja yang memakan waktu kurang lebih tiga jam dari pusat kota untuk bisa menghirup udara laut di pantai.

Eits, berbeda dengan di Jawa yang seringnya kita membutuhkan waktu beberapa jam untuk bisa mencapai bibir pantai, di Biak, kita hanya butuh waktu beberapa menit saja!

Iya, kamu tidak salah baca. Hanya beberapa menit!

Kalau tidak salah, waktu itu aku hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit perjalanan ke pantai dari tempat tinggal. Super dekat, kan? Hal ini memang wajar mengingat Biak lebih seperti Bali yang merupakan pulau kecil dan dikelilingi oleh lautan di semua sisi.

Air lautnya benar-benar terlihat memukau dengan perpaduan antara warna putih dari buih ombak, hijau, biru muda, dan biru tua. Membuat mata yang melihatnya langsung otomatis segar! Suer. Aku yang sangat jenuh dengan kehidupan kota yang padat, langsung meleleh melihat pemandangan indah di depan netra ini.

Di tambah lagi, ada banyak pepohonan rindang yang bisa menyembunyikanku dari sengatan matahari. Kondisi sekitar lumayan bersih karena dibersihkan oleh para penduduk di sekitar sini. Kalau foto yang ini, kebetulan memang ada babi yang dipelihara oleh penduduk di sini tapi sama sekali tidak menakutkan kok. Babinya jinak kayak kucing gitu deh. Namun selain ada babi (walaupun cuma satu), ada juga anjing yang berkeliaran di sekitar sini. Tentu saja anjing-anjing tersebut juga merupakan peliharaan warga setempat. Tidak menggigit kok, tenang saja :D

Tuh babinya lucu kan :)


Untuk biaya masuknya juga sangat murah, kok! Kamu cuma harus bayar 20.000 saja untuk mobil dan 10.000 untuk motor. Murah kan? Tidak ada biaya tambahan lagi setelah itu. Tapi ... kalau kamu mau menggunakan toilet tentunya harus bayar lagi ya sama saja dengan di Jawa hehe.

Oya, untuk kamu yang ingin membawa serta keluargamu berkunjung kemari melepas penat, pantai ini juga menyediakan banyak pondokan lho. Ketika kami datang, pondokannya nyaman, tidak panas karena di bawah pohon, dan bersih.


Untuk biaya penyewaan pondoknya juga dibebankan ke pengunjung. Murah kok, hanya 50.000 saja. Demi mendapatkan kenikmatan hakiki bersama keluarga dan kerabat, bersenang-senang di pantai, berenang hingga lelah, lalu makan bersama, bukankah harga yang ditawarkan termasuk murah? :)

Kamu juga tidak perlu takut berenang di sini karena ada penjaga pantai berperahu yang menjaga hingga tepian luar biru muda. Jadi, tempat ini juga bisa dikatakan sangat aman untuk kamu berenang-renang mengikuti ombak.

Pemandangan di sini benar-benar menakjubkan dan masih sangat membekas di ingatan. Salah satu pantai terbaik yang pernah aku lihat selama ini. Karena alamnya juga masih sangat alami, kepuasan yang kudapatkan ketika berkunjung ke sini juga mencapai batas maksimal. Aku tidak akan segan-segan berkunjung ke sini lagi jika ada kesempatan!

Kamu juga bisa melihatnya dari foto-foto yang aku ambil di bawah ini. Lihat pertemuan antara lautan dan langit yang sangat memukau itu! Garis tipis pulau di seberang juga terlihat anggun. Menambah luar biasa pengalaman mata ini memandang kreasi Tuhan yang Maha Agung.



Ketika pergi ke sini keadaan tidak terlalu ramai kok. Biasa saja. Masih ada banyak ruang dan sangat cukup tempat untuk siapa pun yang ingin menikmati Pantai Soryar indah ini!

Coba deh pergi ke sini. Pasti kamu tidak akan pernah menyesal dan tentunya pergi ke sini akan menjadi salah satu hal paling berkesan untukmu! Pergi ke salah satu pantai paling alami di tanah Indonesia. Kamu tidak akan kecewa! :D

Sampai jumpa di review tempat wisata berikutnya!



1 comment:

  1. klo udh liat yg begini, jadi pengen backpack lagi
    seandainya corona sudah berlalu

    ReplyDelete

Social Profiles

Twitter Instagram Wattpad Quora RSS Feed Email Pinterest

My Profile

My photo
Books' better half who's been taking small steps each day towards her dreams. She's very interested in reading literacy, education, language, culture, and philosophy. You can find her on Twitter @psybooklogy and Instagram @ra.juwita

初めまして

日本語日本文学生のラトナ・ジュウィタです、どうぞよろしくお願いします! このブロクを気に入っていただけたら嬉しいです。

Recent Post

[Traveling] Keindahan Alami Pantai Soryar, Biak, Papua

Total Pageviews

Blinking Cute Box Panda
Powered by Blogger.

Copyright © Ratna Juwita | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com