About Me



Biarkan aku mewartakan padamu,
perihal rasa yang menjelma abu
acap kali besinggungan dengan matamu.
Izinkan diri melibatkan hati,
kala kekata merangsak tanpa permisi
demi sebuah sapa lewat jemari, meski.

Dreaming is Free! adalah moto hidupnya beberapa minggu belakangan.

Gadis yang lahir 23 tahun lalu ini akrab dipanggil RaJu (bukan tokoh Upin-Ipin). Ia mulai menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil dan sering mencoret-coret buku diba’ ketika diajak ibunya ke pengajian. Ia masih kerap merasa berdosa setiap kali melihat coretan-coretan yang saat ini telah menjadi relief dua dimensi tersebut.

Penyuka kegiatan yang memerlukan kemampuan berpikir ini pertama kali mengikuti lomba literasi ketika masih SMP dan secara tidak sengaja masuk 10 besar kategori puisi yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang. Setelahnya, ia mulai aktif mengikuti lomba-lomba seperti puisi, cerita mini, cerita pendek, dan sebagainya di akun sosial media facebook sejak kelas dua SMA.

Hingga saat ini, ia telah membukukukan karyanya yang tersebar dalam 70 buku antologi. Sayangnya, ia belum berhasil menelurkan buku solo. Selama dua tahun, mahasiswi sastra Jepang ini menjadi editor freelance di dua penerbit indie, yaitu Infinite Publisher dan Penerbit Aria Mandiri dan kini menjadi penerjemah freelance.

Selama bergelut dengan dunia literasiyang sering membuat punggungnya pegal-pegal, ia pernah beberapa kali menjuarai lomba, diantaranya juara 1 lomba cerpen yang diselenggarakan oleh Penerbit Gemamedia Wonosobo tahun 2016, juara 1 lomba cerpen di Penerbit Bintang Pelangi tahun 2017, juara 1 lomba cerpen di Penerbit Harasi tahun 2017, dan juara 1 lomba review novel Revan & Reina yang diselenggarakan oleh Penerbit Ikon tahun 2018.

Walaupun akhir-akhir ini ia tidak lagi seaktif dulu mengikuti lomba-lomba, ia memutuskan menjadi bookstagramer @ra.juwita (tapi sedang vakum hehe) untuk tetap menyalurkan hobinya dalam membaca dan menulis. Akhir-akhir ini, ia justru lebih aktif bercuap-cuap di Twitter @psybooklogy

“Sampaikanlah ilmu walau hanya satu ayat” adalah moto menulisnya yang masih ia pegang sampai sekarang.


Quote favoritnya yang suka bikin hati bergetar:
and when you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it. - [Paulo Coelho - The Alchemist]

0 Creat Your Opinion:

Post a comment

Social Profiles

Twitter Instagram Wattpad Quora RSS Feed Email Pinterest

My Profile

My photo
The books' better half who's been taking small steps each day towards her dreams. She's very interested in reading literacy, education, culture, and philosophy. You can find her on Twitter @psybooklogy and Instagram @ra.juwita

初めまして

日本語日本文学生のラトナ・ジュウィタです、どうぞよろしくお願いします! このブロクを気に入っていただけたら嬉しいです。

Total Pageviews

Blinking Cute Box Panda
Powered by Blogger.

Copyright © Ratna Juwita | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com