Monday, February 17, 2020

[Kenal Penulis] Ary Nilandari - Penulis Wattpad yang Tidak Menye-Menye




HaloReaders!

Apa kamu adalah salah satu pencinta Wattpad? Kalau iya, yuk kenalan dulu barangkali kita jodoh *eh.

Siapa sih yang tidak mengenal Wattpad? Website sekaligus aplikasi gratis yang memfasilitasi semua orang untuk bisa menulis dan menemukan pembacanya ini? Banyak sekali buku jebolan Wattpad yang sudah memenuhi rak-rak display di toko buku, bahkan banyak dari buku-buku keluaran Wattpad yang sukses di pasaran. Pasti kalian sudah pernah melihatnya, bukan? Beberapa novel malah telah diangkat menjadi sebuah film adaptasi dan meraup jumlah penonton yang tak kalah banyak.

Tidak hanya novel, kamu juga bisa menemukan cerita pendek, artikel, tips dan trik, puisi, fanfiction, bahkan diari. Intinya, orang bisa bebas menulis apa pun di Wattpad.

Nah, kamu yang sering main di Wattpad pasti tahu kebanyakan cerita di sana yang seperti apa? Iya, beberapa waktu belakangan lagi booming banget cerita yang tokoh utamanya cowok badboy/CEO dengan hubungan yang sangat toxic. Biasanya, cerita berkutat di masalah cara mendapatkan sang pujaan hati bagaimanapun caranya: termasuk mempermalukan diri sendiri.

Biasanya cerita yang sejenis itu memiliki jumlah pembaca yang sangat banyak karena mayoritas pembaca Wattpad memang rentang usia 13 hingga 21 tahun. Jadi, cerita yang banyak dicari biasanya cerita yang ringan dan bertema romansa.

Namun, di balik semua cerita yang bisa dibilang mainstream tersebut, aku menemukan seorang penulis yang melawan arus. Namanya Kak Ary Nilandari dengan nama akun Wattpad @arynilandari. Mengapa aku berkata demikian?

Tulisan pertama Kak Ary yang aku baca berjudul “The Visual Art of Love”. Cover-nya sangat cantik, seolah-olah kupu-kupu sudah berterbangan di perutku hanya dengan melihatnya dari cover. Mungkin itu juga karena aku suka dengan hal-hal berbau animasi juga ya, hehe. Saat membaca novel yang bergenre young adult ini, aku langsung jatuh cinta pada bacaan pertama dengan gaya penulisan Kak Ary.

Image result for the visual art of love cover
(sumber gambar di sini)

Premis ceritanya kuat, apalagi karakter tokoh-tokohnya. Alurnya tidak monoton, dialog antar tokoh hidup serta bermakna, dan yang lebih penting hubungannya bukan jenis hubungan toxic. Narasinya? Jangan ditanya lagi, sangat mengalir! Hal yang semakin membuatku terpesona adalah tulisan yang rapi, jauh dari berantakan, dan jarang cacat logika, sekalipun karya-karyanya yang ada di Wattpad.

Wattpad dikenal seperti ‘draft’ tulisan. Biasanya, tulisan versi Wattpad jauh lebih berantakan daripada tulisan yang sudah diterbitkan menjadi sebuah buku. Namun, Kak Ary berbeda. Baik tulisan di Wattpad maupun versi cetaknya sama-sama tidak membuat sakit mata.

Usut punya usut, ternyata Kak Ary memang memiliki tujuan untuk meningkatkan minat baca remaja di Indonesia dengan memberikan bacaan yang bermutu sekalipun mengambil genre young adult. Buat yang belum tahu, young adult adalah salah satu genre dengan tokoh utama remaja dan menjadikan remaja sebagai sasaran pembaca (rentang usia 13 hingga 20 tahun).

Penulis yang sudah menekuni dunia tulis-menulis selama hampir dua dekade ini ternyata juga telah membangun sebuah komunitas penulis dan pembaca Wattpad yang bernama RAWS. RAWS adalah singkatan dari “Reading and Writing for the Soul”. Komunitas ini mulai didirikan sejak 19 September 2018 dengan jumlah anggota lebih dari 200 orang.

Komunitas ini dibentuk untuk menjawab kekhawatiran Kak Ary karena melihat banyaknya pembaca remaja di Wattpad yang mengkonsumi bacaan dewasa. Untuk itu, Kak Ary membangun sebuah wadah yang kondusif dengan menggaungkan seruan untuk membaca karya yang baik (sesuai umur) dan mengasah keterampilan menulis para anggotanya. Kak Ary sangat menekankan pentingnya belajar dari membaca. Dengan membaca dan mengamati, maka seseorang pasti bisa menulis dengan baik.

Sampai saat ini, aku masih membaca dua buku karangan Kak Ary yaitu buku yang sudah aku sebutkan di atas dan “Write Me His Story”. Sejauh ini, tulisan Kak Ary tidak penah mengecewakan. Apalagi WMHS. Jalan ceritanya unik, masih banyak unsur romansa, tapi tidak melulu soal percintaan, melainkan juga persahabatan, pendidikan, dan keluarga. Yang jelas, tulisan Kak Ary tidak picisan dan quote-quote bagus bertebaran di mana-mana.

Image result for write me his story
(sumber gambar di sini)

Satu hal yang menarik dari penulis yang bisa dikunjungi di blognya www.arynilandari.com adalah karya-karyanya mampu menarikku untuk membaca lebih dari sekali! Aku perlu menginformasikan bahwa aku bukan tipe pembaca yang mau membaca sebuah novel dua kali, apalagi tiga, empat, dan seterusnya. Iya, karakter dan jalan ceritanya memang membuatku secandu itu. Apalagi WMHS. Banyak pembaca yang malah termehek-mehek membaca novel satu ini.

Sisi emosional karakter yang digambarkan dengan sangat apik oleh Kak Ary adalah alasan novel-novelnya memiliki banyak pembaca setia. Bahkan, momen-momen itulah yang membuatku terus-menerus membacanya berulang-ulang. Sama sekali tidak membuatku bosan. Dialog-dialognya sering sekali tepat sasaran di ulu hati. Nanti di post yang berikutnya, aku akan memberikan review novel WMHS buat kamu supaya kamu ikut kecanduan sepertiku. Hehe.

Satu hal lagi yang paling aku suka dari karya-karya cetak Kak Ary selain narasinya yang melenakan adalah ilustrasi-ilustrasinya yang menggemaskan. Benar-benar bisa menyegarkan mata pembaca dengan visualisasi ala komik Jepang. Tentunya, membuat para pembaca muda jadi tidak jenuh menatap tulisan yang berderet-deret.

Di Wattpad sendiri, Kak Ary sudah mempublikasikan sebanyak 24 cerita di Wattpad termasuk novel, tips, dan lain-lain. Per 11 Februari 2020, akun Kak Ary telah diikuti sebanyak lebih dari 16 ribu pengikut! Kalau kamu juga mau jadi salah satu pembaca setianya boleh banget, lho! Kunjungi saja @arynilandari, ya!

Kalau sudah mengecek karya-karya Kak Ary Nilandari, kamu sangat boleh balik ke blog ini dan beritahu aku. Terus kita kenalan (masih terus berusaha). Kamu juga bisa sharing tentang hal yang membuatmu menyukai karya-karya Kak Ary di kolom komentar di bawah! Aku tunggu, ya!

Sampai jumpa di Kenal Penulis berikutnya!

0 Creat Your Opinion:

Post a comment

Social Profiles

Twitter Instagram Wattpad Quora RSS Feed Email Pinterest

My Profile

My photo
Books' better half who's been taking small steps each day towards her dreams. She's very interested in reading literacy, education, language, culture, and philosophy. You can find her on Twitter @psybooklogy and Instagram @ra.juwita

初めまして

日本語日本文学生のラトナ・ジュウィタです、どうぞよろしくお願いします! このブロクを気に入っていただけたら嬉しいです。

Recent Post

[Traveling] Keindahan Alami Pantai Soryar, Biak, Papua

Total Pageviews

Blinking Cute Box Panda
Powered by Blogger.

Copyright © Ratna Juwita | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com